5 Alasan Anda Harus Menambahkan Llama ke Kawanan Ternak

5 Alasan Anda Harus Menambahkan Llama ke Kawanan Ternakk

Salah satu hewan ternak yang paling diabaikan untuk para penghuni rumah adalah llama. Makhluk anggun ini memiliki berbagai macam manfaat bagi orang yang mengembangkan gaya hidup mandiri. Satu llama dapat menghasilkan wol dalam jumlah besar untuk dipintal, anyaman untuk selimut dan bantalan, dan bahkan insulasi. Mereka berkembang biak dengan mudah dan dapat digunakan untuk daging serta susu.

Jika Anda suka mendaki untuk kesenangan, atau perlu membawa material di sekitar properti, llama adalah binatang beban yang hebat dan dapat membawa beban dalam jumlah besar dengan mudah. Yang terbaik dari semuanya, bahkan satu llama akan menjadi penjaga yang tangguh untuk ternak lain dan properti Anda. Llama bahkan dapat diajari mengemudi dan merupakan hewan gerobak yang sangat baik yang membutuhkan lebih sedikit perawatan daripada kuda yang dipelihara untuk tujuan yang sama.

Llama relatif mudah dirawat meskipun ukurannya besar. Jika Anda memiliki sedikit tanah, Anda mungkin dapat memelihara satu atau dua llama dengan sangat mudah. Jika satu llama disimpan untuk wali, wol, dan sebagai pendamping untuk ternak berorientasi kawanan lainnya, lebih disukai penggembungan. Sebuah kebiri adalah jantan yang dikebiri, dan akan lebih mudah ditangani daripada jantan atau betina utuh.

A. Llama untuk Perlindungan

Jika Anda memiliki ternak lain seperti domba, kambing, kuda, atau bahkan sapi, mereka bisa sangat rentan terhadap predator. Bahkan coyote kecil akan menjadi bahaya besar bagi ternak kecil, dan sekawanan coyote dapat menjatuhkan kuda dan sapi. Menurut info dari situs mabosbet bahwa Llama semakin populer sebagai hewan penjaga karena mereka kurang perawatan dan pelatihan daripada anjing dan cenderung tidak melompati pagar dan berkeliaran. Yang terbaik dari semuanya, satu llama dapat menjaga beberapa ratus hewan lain, tetapi sama-sama di rumah dengan satu atau dua muatan untuk dijaga.

Mengintegrasikan llama ke dalam kawanan domba atau kambing yang sudah ada dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan sedikit pagar sementara. Letakkan llama baru di kandang yang berdekatan di mana hewan dapat melihat, mendengar, dan mencium satu sama lain. Periode penyesuaian ini dapat memakan waktu mulai dari satu hari hingga satu minggu. Setelah llama dan ternaknya terbiasa satu sama lain, lepaskan pagar pemisah dan biarkan mereka berbagi padang rumput dan area gudang. Sebelum mengenalkan hewan baru satu sama lain, selalu pastikan mereka telah diisolasi cukup lama untuk memastikan mereka sehat.

B. ILama Care

ILama Care

Memberi makan llama semudah memberi makan hewan penggembalaan lainnya, dan mereka membutuhkan lebih sedikit biji-bijian. Jika tersedia cukup padang rumput, llama akan merumput dengan baik. Di iklim yang lebih dingin di mana padang rumput tidak tersedia pada bulan-bulan musim dingin, jerami rumput dapat diganti.

Secara mengejutkan, llama makan sedikit untuk ukurannya yang besar. Llama dewasa dapat hidup dengan baik di satu atau dua serpihan jerami per hari atau di area padang rumput yang kecil. Untuk hasil terbaik dalam penggembalaan, pisahkan beberapa area kecil rumput dan putar hewan penggembalaan di sekitarnya sehingga masing-masing memiliki waktu untuk pulih dan tumbuh. Ukuran setiap tempat penggembalaan akan bergantung pada berapa banyak hewan yang merumput di atasnya. Seperti semua hewan ternak, llama harus selalu memiliki akses ke air bersih dan segar.

Secara umum, llama sangat kuat. Mereka kurang rentan terhadap penyakit dibandingkan kebanyakan ternak, tetapi akan membutuhkan perawatan rutin. Perawatan akan membuat llama Anda terlihat bagus, dan kaki harus tetap rapi dan dipangkas untuk mencegah ketimpangan. Mereka juga harus menerima vaksinasi untuk mencegah tetanus dan juga vitamin C & D untuk mengurangi kecenderungan enterotoksemia. Bergantung pada lokasi Anda, mungkin ada vaksinasi lain yang akan direkomendasikan oleh dokter hewan untuk menjaga kesehatan hewan Anda.

C. Perumahan untuk Llamas

Gudang atau bangunan formal lainnya tidak diperlukan untuk menampung llama. Wol lebat mereka membuat llama sangat nyaman dalam segala cuaca. Mereka tumbuh dengan baik bahkan di iklim terdingin, dan wol tebal memberikan isolasi dari panas dan matahari juga. Draft lebih berbahaya daripada variasi suhu, jadi llama harus memiliki jenis tempat berlindung yang sama dengan domba di padang rumput. Sebuah blok angin akan dilakukan, dan jenis gudang run-in yang memungkinkan mereka keluar dari hujan lebat atau angin bertiup bahkan lebih baik.

D.Menjaga Terhadap Predator Manusia

Menjaga Terhadap Predator Manusia

Kita sering berpikir tentang predator alami yang dimiliki hewan dan kemudian melindungi dari coyote dan satwa liar lainnya. Namun, llama juga akan memberikan perlindungan yang cukup dari orang asing. Mereka akan mengenal orang-orang “mereka” dan menghadirkan musuh yang tangguh bagi siapa pun yang bukan bagian dari properti. Jangan salah: llama adalah keputusasaan yang mengesankan. Anjing adalah penjaga properti yang populer, tetapi mereka dapat menimbulkan masalah hukum bagi pemiliknya. Apakah itu benar atau tidak, Anda bertanggung jawab atas cedera yang disebabkan anjing Anda. Llama melakukan tugasnya, dalam banyak kasus, tanpa benar-benar menyakiti si penyusup. Ukuran mereka dan kecenderungan untuk meludahi dan mengejar orang asing adalah alat pencegah tanpa kekerasan bagi penyusup.

E. Penggunaan lainnya

Untuk menjaga llama dalam kondisi terbaik, wolnya harus dipotong setidaknya setahun sekali. Hasil dari pemangkasan memiliki banyak kegunaan yang sangat baik dan bahkan dapat dijual atau ditukar dengan wisma lain untuk barang, jasa, atau uang. Ingatlah bahwa jika Anda memilih llama untuk menjaga properti atau untuk kegunaan lain dan tidak memiliki ternak lain, mereka adalah hewan ternak dan perlu ditemani setidaknya satu llama atau hewan lain untuk menyesuaikan diri dengan baik.

Baca juga : Apa Yang Dimakan Ilamas ?

F. Llamas vs. Alpacas

Sepupu llamas adalah alpaka. Penghuni rumah dapat memilih alpaka untuk bulu yang lebih mewah yang diterima saat pemotongan. Bulu alpaka lembut dan didambakan di antara pemintal. Alpacas, seperti llama, mudah dirawat dan akan menjaga properti dan hewan lain seperti llama. Namun, mereka tidak terlalu menakutkan bagi beberapa hewan dan manusia lainnya. Mereka sedikit lebih kecil dari llama dan memiliki mata lembut yang tidak menanamkan tingkat ketakutan yang sama. Namun, mereka melakukan pekerjaan yang baik dengan predator kecil seperti coyote, elang, posum, sigung, dan musang.